Minggu, 08 Maret 2020

ABADIKAN TULISANMU MELALUI BLOG

Telat sekali untuk menulis hari ini. Sudah 4 hari saya tak sempat melirik wa grup menulis bersama Om Jay. Yach karena berbagai alasan juga. Saat saya berkesempatan melirik grup tersebut ada sekitar 400 percakapan yang harus saya jemput ke atas. Well akhirnya saya benar-benar ketinggalan. Ini memulai ini juga cukup banyak tantangan.



BELAJAR MENULIS Pembelajaran 2

Merawat Motivasi dan Mengelola/ Menulis Di Blog


Belajar Menulis Gelombang 4

Pertemuan 2 : Rabu, 4 Maret 2019
Waktu             : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri        : Dedi Dwitagama
Topik              : Merawat Motivasi Mengelola atau Menulis di Blog

ABADIKAN TULISANMU MELALUI BLOG, Ibarat belanja pembeli bisa menemukan barang yang di carinya di toko kita  yaitu BLOG kita.

Pada pertemuan kedua belajar menulis di WA Group, narasumbernya sangat hebat sangat sangat terkesima dengan link yang beliau bagian untuk memperkenalkan diri. beliau sungguh menginsprasi saya. Bapak Dedi Dwitagama nama yang sangat terkenal. 
Motivasi yang beliau hadirkan dalam membuka forum ini sangat lekat dengan materi malam ini. beliau memulainya dengan sangat apik.
Diskusi malam itu dibanjiri banyak pertanyaan tentang bagaimana kita bisa konsisten dalam berkarya padahal memiliki banyak kegiatan penting lainnya.

Narasumber menganalogikan facebook itu spt mall besar yang banyak dikunjungi orang, dan ketika mau mencari sesuatu seseorang harus masuk ke toko satu persatu, sementara blog itu seperti toko kita sendiri yang kita antar langsung ke pembaca lewat HP atau laptop, dan pembaca langsung masuk ke toko kita tanpa larak lirik ke toko lain, dikopi aja tulisan di facebook, sertakan foto lalu upload di blog shg ada dua tulisan ttg satu ide, bisa disimak oleh makin banyak orang. 

Tips dan Trik Mengelola atau Menulis di Blog

Dari hasil pembelajaran yang disampaikan narasumber,  saya mendapatkan tips dan trik mengelola atau menulis di blog yang terus diupdate.

Berikut ini adalah tips dan trik yang dibagikan oleh Pak Dedi Dwitagama bagi blogger pemula agar dapat mengelola blognya secara konsisten :

1.  Menulis dijadikan hobi setiap saat.  Misalnya sambil menunggu rapat, sambil menjemput anak, istri, kemudian ketika berada di parkiran saat mengantar istrinya ke pasar, bahkan waktu menunggu jadwal pesawat.

2.   Memiliki Komunitas sosial yang mendukung. Pak Dedi merasa bahwa beliau membutuhkan ilmu untuk belajar di perguruan tinggi negeri.  Kemudian pada tahun 1984 beliau kuliah di jurusan matematika D3 IKIP Jakarta.  Pada saat kuliah tersebut, Beliau juga mengikuti kegiatan teater sehingga beliau tertarik untuk mengikuti lomba membaca puisi cerpen bahkan menyanyi lagu-lagu keroncong.

3.    Menulis secara konsisten.   Pak Dedi memberikan contoh tentang dirinya yang sudah 15 tahun aktif menulis dalam blog.  Beliau mengelola 13 blog pribadi dan juga komunitas.  Dari hal tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa konsistensi dilakukan oleh narasumber dan menghasilkan banyak karya meski tugas dan pekerjaan beliau juga banyak dan padat.

4.  Menulis secara produktif.  Pak Dedi mengatakan bahwa hal yang bisa dilakukan pada saat berkarya yaitu menjalankannya dengan tidak banyak membawa beban dan tidak membiarkan kekhawatiran menguasai kita. Hilangkan perasaan takut dan khawatir serta harus percaya diri dalam menulis.  Perasaan takut melanggar UU ITE atau pamer membuat kita jadi enggan berkarya. Jika kita ingin menceritakan sebuah peristiwa yang terjadi sesuai kenyataan, namun takut menuliskannya, saran dari Pak Dedi adalah jangan menulis menggunakan nama asli dan tempat / lokasi asli. Sedangkan alur peristiwanya boleh sama dengan sebenarnya.

5.  Menulis pengalaman dan kesempatan yang ada di sekitar kita. Bagi seorang blogger pemula yang mempunyai hobi kuliner, dapat membuat postingan tentang masakannya, seorang ibu / nenek dapat memposting foto cucu / anaknya di blog lalu diberikan cerita sedikit, atau bisa juga pada saat suami istri sedang berada di gedung resepsi pernikahan, upload fotonya dan berikan caption terbaik untuk membagikan moment kebahagiaan tersebut.

6.  Rajin membaca apapun yang ada di sekitar kita.  Termasuk membaca blog orang lain. Nah Tidak ada salahnya kita belajar dari blog orang lain. Dengan seringnya kita belajar melalui blog orang lain kita akan menjadi tahu bagaimana caranya untuk menulis di blog. Narasumber memberikan tips jika kita sedang kering ide kita bisa lakukan.  ATM yaitu amati tiru dan modifikasi sehingga kita akan bisa menuliskan tulisan yang baru ala kita sendiri dengan cara membaca blog orang lain di Kompasiana, di WordPress ataupun yang lainnya kemudian melakukan.

7. Merawat blog dengan cara menulis.  Blog dibuat pasti tujannya adalah agar kita bisa memiliki media menulis dimana dari media menulis ini kita bisa memunculkan personal branding yang kita miliki.  Terlebih bisa memberikan berbagai informasi pada banyak orang.  Menulis kapanpun dan dimanapun serta situasi apapun.


8. Rajin melakukan pengamatan dengan mencai informasi  tentang berbagai hal. Berita viral merupakan salah satu hal yang menarik untuk dijadikan ide tulisan.  Banyak orang tertarik membaca suatu tulisan karena memuat hal-hal yang sedang viral di masyarakat.  Dari berbagai informasi yang kita dapatkan dari berbagai hal akan muncul banyak ide yang inspiratif yang layak ditulis di blog kita.

 9.  Penggunaaan Bahasa yang komunikatif.  Untuk membuat suatu tulisan tentu saja gaya bahasa kita perlu diperhatikan.  Karena orang akan lebih tertarik dengan suatu tulisan yang mudah di mengerti dan tidak bertele-tele. Bahasa komunikatif yang mungkin lebih kekinian jika digunakan tentu saja membuat tulisan kita lebih menarik.

10. Kegiatan menulis akan memunculkan Personal Branding.  Fokus menulis kita tentu saja tanpa kita sadari akan terlihat dari karya-karya yang sudah kita buat.  Misalnya jika kita sering membuat ulasan tentang pendidikan, maka personal branding yang muncul adalah kita sebagai penulis di bidang pendidikan.

Beliau menutup sesi, dengan kesimpulan blog bisa jadi cara kita memberi manfaat buat alam semesta dengan mengabarkan kebaikan (walau satu posting), dan kebaikan kita itu akan selalu berbalas, tinggal tunggu waktu nya aja ... untuk bisa konsisten menulis di blog, rajin"lah mengunjungi blog orang lain dan memodifikasi posting yg kita baca dg gaya menulis kita sendiri, di era industri 4.0 blog bisa untuk personal branding diri kita, jika tulisan kita bermanfaat buat org lain maka itulah sebaik-baiknya manusia ... bermanfaat buat sesama dan alam semesta

Kesimpulannya :
Maksimalkan blog kita untuk menulis apapun yang ingin kita tulis (walau hanya satu postingan) apalagi tulisan itu bermanfaat bagi orang lain. Mari menulis di blog! Ramaikan Blog kita denga  tulisan- tulisan yang dapat menginspirasi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar