Rabu, 11 Maret 2020

Belajar Menulis gel 4
Resume 4

Pertemuan ke-4, Minggu /8 Maret 2020
Materi : Kiat Menjadi Seorang Trainer
Pemateri : Wijaya Kusumah

Oleh : Wahyu OY



Hari ini Kamis 12 Maret 2020 di bawah beranda SD 05 Pasaman saya duduk bersama beberapa tim oficial KSN masing masing kecamatan yang ada di Pasaman Barat. Di dalam ruang  kelas di belakang sana murid saya Nadia Putri Hanafi sedang berjuang mengahrumkan nama sekolah dan nama Kecamatan Kiniali di tingkat Kabupaten. Semangat Nadia kamu bisa nak.

Oficial masing- masing sekolah tidak diizinkan berapa di dekat ruang kelas anak yg sedang menjawab soal. Semuanya beredar di halam depan dan duduk di antara beberapa tempat yang ada di sekolah ini. Beberapa dari mereka ada yang sibuk dengan HP mereka mungkin sedang membuka media sosial FB, wa , dll. Mungkin juga ada yang seperti saya sedang memanfaatkan waktu untuk menulis.

Ya ini lah hasil tulisan saya yang mencurahkan penyampaian materi reaume ke 4



Om Jay mengawali materi malam itu dengan berbagi pengalamnya menjadi seorang trainer. Beliau berbagi pengalaman dan pengetahuan kpd kawan kawan guru lainnya di berbagai daerah di Indonesia.

Menjadi seorang trainer dibutuhkan stamina yg luar biasa. Sebab dia bicara dari pagi hingga sore hari. Dia harus kuat bertahan selama 8 jam dalam sehari bila pelatihannya dati jam 08.00 sampai 16.00 wib. Oleh karena itu omjay selalu menjaga stamina tubuh dgn banyak berolahraga. Harus bisa mengelola waktu dgn baik dan ingatlah selalu bahwa menulis itu menyehatkan jiwa dan raag kita. Mereka yg suka menulis akan jauh dari berbagai penyakit asalkan tahu caranya.

Untuk menulis mulailah dari apa yg disukai dan kuasai. Menulislah dari hatimu maka engkau akan temui hati para pembaca setia tulisanmu. Itulah yg diajarkan guru blogger saya bapak dedi dwitagama dan pak agus sampurno. Mereka kakak beradik yang sangat luar biasa. Blognya pak dedidwitagama.wordpress.com dan blognay pak agus gurukreatif.wordpress.com selalu ramai pengunjungnya. Mereka berdua adalah trainer hebat yang omjay kenal.

Kesimpulan materinya sebagai berikut. Untuk menjadi seorang trainer kita harus :
1. Menjaga stamina
2. Mengelola waktu dengan baik
3. Selalu menulis

Cara menjaga stamina :
a.  Olahraga teratur (secukupnya dan tidak perlu berlebihan)
b.  Menyayangi istri sepenuh hati dan sepenuh jiwa
c.  Jaga stamina bersama pasangan, cinta sejati itu tak pernah loyo

Cara mengelola waktu :
a.  Lakukan kebiasaan setiap hari
Misalnya :
  -menetapkan 4 kebiasaan rutin setiap hari seperti :
15 menit untuk menghafal alquran.
30 menit untuk jogging.
15 menit untuk membaca buku tertentu untuk pengembanagan diri
15 menit untuk meningkatkan kualitas diri

b.  Bagilah waktu secara proporsional
Waktu kita didunia sama 24 jam.
Kita bagi 3,,waktu didunia nyata, dunia maya,  dunia mimpi. Kalau waktu itu kita kelola dengan baik kita akan sukses dunia dan akhirat.
C.  Terima job hari libur, sabtu atau minggu sehingga tidak mengganggu kewajiban kita di jam mengajar,, siswa tidak dirugikan atasan juga mengizinkan.
Kiat menulis :
a. Mulailah menulis yang disukai atau dikuasai.
b.  Menulislah dari hati seperti yg diajarkan guru blogger kita bapak dede dwitagama dan agus sampurno
C.  Rajinlah membaca karena dengan membaca kita dapat menambah kosakata,  membaca dan menulis itu  saling mendukung kalau kita rabun membaca maka akan lumpuh menulis

Sukses itu tidak selamanya tergantung pada kuantitas, tapi ia memerlukan konsistensi.Sukses itu tidak selamanya memerlukan kerja besar dan cita cita besar, tapi lebih memerlukan pembiasaan kebiasaan harian yang mudah tapi dilakukan seumur hidup. Buatlah keputusan untuk membangun kebiasaan harian yang rutin, tanpa membebani pikiran dengan kesuksesan besar. Jadi trainer adalah pilihan maka berilah sebanyak banyaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar