Kamis, 30 April 2020

Seni Mengajar Agar Dicintai dan Dirindukan oleh Siswa (Belajar Menulis Gelombang 4 Resume 23

Seni Mengajar Agar Dicintai dan Dirindukan oleh Siswa


Belajar Menulis Gelombang 4 
Resume 23 

Pertemuan  23, Kamis/ 16 April 2020
Tema : Seni Mengajar Agar Dicintai dan Dirindukan oleh Siswa
Pemateri : Bapak ARIS AHMAD JAYA, DVM., MM. (Mr. Sugesti Indonesia). Beliau adalah trainer dan motivator nasional.

Om Jay meminta peserta untuk mengunjungi blog Pak Aris di http://arisahmadjaya.com/. 

Selanjutnya om Jay mempersihlahkan Pak Aris untuk memulai materinya.
Pak Aris memulai materinya malam ini via rekaman suara melalui WA. Karena sebelumnya penulis untuk mendapatkan ilmu tentang penggunaan aplikasi writerplus dari salah seorang pemateri di grup belajar menulis bersama Om Jay ini. Penulispun mengubah suara menjadi teks dan alhasil berikut salam pembuka yang disampaikan oleh Pak Aris.

Assalamualaikum www.
Saya berharap dengan momentum saat ini di mana anak-anak kita sedang belajar dirumah guru pun seharusnya belajar kembali tentang bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni untuk dicintai dirindukan oleh anak didiknya sehingga pembelajaran seni kian menjadi menarik. Telah lebih dari 10.000 anak yang merasakan pola mengajar gaya motivator dan insya Allah di momentum saat ini saya berbagi dengan anda secara free dan silahkan anda berbagi kepada guru yang lain yang belum sempat mengikuti training online ini. Insya Allah anda akan mempelajari banyak hal diantaranya adalah Bagaimana anda menjadi pribadi yang mampu menarik dan menyenangkan pribadi yang dirindukan dan pribadi yang mampu menginspirasi serta menjadikan anak didik anda mencintai Anda sebelum mencintai pelajaran yang anda bawakan. Salam bahagia dari Jaya character Building nasional aku sugesti motivatindo. Selamat menikmati assalamualaikum warahmatullah

Selanjutnya beliau membagikan profilnya.

Aris Ahmad Jaya merupakan seorang motivator sekolah-sekolah unggul di Indonesia, selain menjadi seorang motivator beliau juga sebagai coach dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia untuk menemukan kekhasan dan kekhususan . Aris Ahmad Jaya selama lebih dari 15 tahun menjadi motivator untuk sekolah unggul seperti Labschool Kebayoran, Labschool Jakarta, Sekolah Al Azhar seluruh Indonesia, Global Islamic School Condet, Global Islamic School Serpong, dan sekolah unggul lainnya di Indonesia. 

Aris Ahmad Jaya lahir di Pati 23 Februari 1974. Pernah di terima di dua universitas ternama di Indonesia tanpa tes yaitu di Institut Pertanian Bogor ( IPB ) dan Universitas Gajah Mada ( UGM ). Aris Ahmad jaya menyelesaikan gelar Dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan meraih gelar Magister Manajemen di UIKA Bogor tahun 2015. Aris Ahmad Jaya merupakan pendiri sekaligus CEO di lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak di bidang motivasi dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia serta lembaga-lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang ada di Indonesia. 



Aris Ahmad Jaya telah memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia seperti SUKSES ILMU, SUKSES KARAKTER, SUKSES MASA DEPAN untuk Para Siswa , LOVE TOUCH PARENTING bagi para Orang Tua serta MENGAJAR GAYA MOTIVATOR bagi para Guru dan Pendidik. 

Juga sangat banyak sekolah - sekolah Unggul yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera bahkan Indonesia bagian Timur yang bersinergi Bersama Pak Aris baik jenjang SD, SMP, maupun SMA.

Materi yang beliau bagikan lewat pesan suara di grup Wa penulis rangkum berikut ini:

Sebelum kita penulis merangkum tentang bagaimana menjadi guru yang dirindukan kehadirannya. Ada baiknya kita harus pahami dahalu pembagian guru berdasarkan niatnya.

Berdasarkan niat seseorang menjadi guru dapat dibagi 2 yaitu guru betulan dan giru kebetulan.

Guru betulan
Guru betulan ini memang seorang guru yang diidamkan guru yang memiliki energi untuk mengajar energi untuk bertemu dengan siswa energi untuk mengeluarkan keilmuannya kepada anak didiknya.

Guru kebetulan
Guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar maka dia menjadi guru kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu pekerjaan maka dia melamar menjadi guru dan kebutuhan diterima makanya akhirnya menjadi Guru. dsb.

Dan kadang-kadang guru kebetulan pun bisa menjadi guru yang mencintai guru yang dicintai guru yang mengalami kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses baik

Maka sesungguhnya guru betulan maupun guru kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang mencintai profesinya. Untuk menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang akhirnya diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun karena anda adalah kurikulum yang sesungguhnya apapun yang anda bawa murid Anda akan mencintai manakala dia menyukai anda karenanya.

Berdasarkan kinerja Pak Aris membagi ada 3 tipe guru yang pertama adalah nyasar yang kedua bayar dan yang ketiga sadar.
  1. Guru nyasar adalah guru yang tidak punya tujuan tidak punya arah yang menyesatkan. Mengapa murid-murid bisa membenci pembelajaran? Karena gurunya sering tidak berenergi,  membenci apapun yang disampaikan oleh gurunya saat ini. Selain tidak punya target tidak punya energi dia adalah seorang guru yang kehadirannya yang bergerak membuat jam dinding sedemikian lambat. Guru nyasar lebih baik segera menyadari kalau memang tidak punya energi menjadi seorang guru lebih baik mengundurkan diri daripada banyak korban korban yang tidak menyukai pelajaran apa pun yang disampaikan.
  2. Guru bayar adalah guru yang energinya terkait dengan finansial dia bekerja karena ada gaji. Dia bekerja karena ada urusan finansial yang diperoleh. Guru bayar ini kadang-kadang mengajar berdasarkan energi uang. Guru semacam ini adalah guru yang tidak konsisten kadang ketika tanggal muda semangat wajah cerah karena mungkin ada finansial yang cukup habis gajian ada sertifikasi. Namun terkadang mukanya sedemikian menyedihkan tidak semangat gara-gara dia merasa pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang menjanjikan pekerjaan yang menyedihkan tidak menghasilkan kebutuhan kebutuhannya terpenuhi. Guru bayar saya sarankan segera sadar karena banyak murid yang pada dasarnya harus yang mendapatkan inspirasi keilmuan tapi mendapatkan guru yang on off kadang semangat kadang tidak kadang bagus kadang tidak ini akan menjadikan murid tidak mendapatkan figur yang benar-benar mampu menginspirasinya.
  3. Guru sadar seorang guru yang kehadirannya menjadikan murid-murid mencintai dirinya mencintai pelajarannya dan mencintai kehidupan. Karena apapun yang keluar dari mulutku sadar adalah kata-kata yang mampu menyadarkan pembelajaran menjadi menyenangkan keilmuan menjadi mengasyikkan. Kehadirannya adalah kajian yang menyenangkan kepergiannya adalah kebahagiaan yang dirindukan. Karenanya mengajar gaya motivator adalah sebuah teknik bagaimana anda mampu menjadi seorang pendidik atau menjadi seorang guru yang sadar menyadari sepenuhnya bahwa profesi profesi yang mulia sebuah profesi yang menghantarkan menurut anda mendapatkan kepahaman keilmuan yang baik dan benar sehingga mereka mampu menghadapi permasalahan-permasalahan sesuai dengan zamannya. guru sadar adalah konektor kebaikan guru sadar adalah konektor keilmuan yang layak dicintai Dan akhirnya mereka ada mencintai ilmu itu guru sadar adalah guru yang menyadari suatu hari nanti ketika dia meninggal maka murid-murid inilah yang akan menjadi amal jariyah ilmu yang ditinggalkan akan menjadi inspirasi bagi orang setelahnya dan guru sadar menyadari sepenuhnya bahwa dia adalah magnet bagi kecintaan sis posisinya dalam ilmu yang dia bawa kecintaan siswa-siswinya kepada roh Tuhan yang menciptakannya kecintaan siswa-siswinya
Ilmu yang dibawa kecintaan siswa-siswinya kepada Tuhan yang menciptakannya. Kecintaan siswa-siswinya kepada sebuah keilmuan yang dihadirkan melalui dirinya semoga anda menjadi kurus ada yuk kita pelajari bersama-sama mengajar gaya motivator.

Bagaimana menjadi seorang guru sadar yang datangnya menyenangkan pulangnya dirindukan menarik dan menyenangkan dari detik pertama sampai terakhir? untuk dapat melakukan hal tersebut berikut Lima langkah yang bisa anda praktekkan untuk mengajar gaya motivator:

Sebelumnya kita pahami dahulu 4 peran guru:

Selain mengajar (memindahkan ilmu), anda harus mampu mendidik (guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri dari 2 kata digugu dan ditiru), ternyata guru yang mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi guru yang mampu menginspirasi kenapa karena dari apa yang ada di dia akan terinspirasi dia akan menjadikan anda menjadi bagian dari history dan akhirnya ada mampu menggerakkan mereka mengerjakan 
Guru yang hebat adalah guru yang tidak sekedar mengajar tapi dia juga mampu mendidik menginspirasi dan menggerakkan.

Langkah-langkah mengajar gaya motivator atau MGM mampu merubah cara berpikir serta pola laku anda dalam mengajar anak murid anda langkah-langkah ini adalah langkah yang telah dibuktikan dan dipraktekkan oleh ribuan clan kami di seluruh Indonesia

1. Jadilah guru yang menarik dan menyenangkan
Dengan menarik anda memiliki daya tarik dengan menyenangkan anda memiliki gaya yang menjadikan anda merindukan anda. Untuk menarik dan untuk menyenangkan tentu anda harus mempelajari pola sederhana yang ketika anda coba buktikan anda akan mendapatkan sebuah rasa baru yang akan diterima oleh murid anda.
Bagaimana menarik kemudian bagaimana menyenangkan bapak dan ibu guru menari dimulai dari apa yang terlihat menyenangkan dimulai dari apa yang terasa ketika pandangan pertama murid sudah suka dengan anda tatapan pertama murid sudah nyaman dengan anda maka anda sudah mulai masuk ke daya tarik
Untuk menjadi guru yang menarik anda lakukan 3 langkah sederhana ini:
  • Persiapkan diri Anda dengan latihan sebanyak mungkin bagaimana menjadi pribadi yang menarik. Contohnya dari sisi penampilan anda adalah seseorang yang memang mempersiapkan penampilan terbaik karena anda adalah sosok yang menarik. Dari segi berperilaku Anda juga sosok yang menarik sehingga murid Anda Anda bukan sekedar ketika anda di dalam ruangan tapi juga ketika anda di luar kelas atau di luar ruangan dan untuk menarik. Anda harus mampu menunjukkan bahwa diri Anda benar-benar layak untuk diizinkan oleh murid anda untuk diizinkan ini anda perlu tahu diizinkan adalah ketika murid Anda mengizinkan dirinya memperhatikan bukan sekedar melihat mendengarkan bukan sekedar mendengar. Jadi anda harus mampu menjadi pribadi yang layak untuk diperhatikan dan layak untuk didengarkan.
  • jadi langkah pertama untuk menjadi pribadi yang menarik adalah Anda memang menarik anda  memiliki daya tarik Anda layak untuk disimpan.
  • Di dalam pikiran murid Anda ada dua pintu pintu yang pertama adalah perintah mengizinkan pintu yang kedua adalah pintu tidak mengizinkan.
  • Sesungguhnya untuk izinkan maka anda harus menjadi pribadi yang benar-benar menyenangkan dan untuk menyenangkan Anda harus mampu untuk memahami bahwa mereka adalah orang yang berbeda dengan anda. Ketika anda mengajar anak TK Anda harus mampu berperilaku sebagaimana anak TK berperilaku ketika anda guru SD harus memahami bagaimana kondisi anak SD kekinian karena SD kekinian beda dengan SD masa anda masa kita dulu ketika ada SMP Kartika di SMA juga sama jadi jangan paksa mereka untuk mengerti anda tapi Anda harus mampu mengerti mereka.
  • Agar mampu mengubah menjadi ingin dihargai menjadi menghargai ingin dilayani menjadi melayani seperti itu anda mampu mengerti bahwa Anda terima Anda harus diizinkan. Anda harus diberikan peluang untuk bersama dengan mereka maka kunci yang pertamanya anda kuasai anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan murid anda lebih menyukai apa yang menyenangkan daripada apa yang penting tapi tidak menyenangkan atau sesuatu yang menarik lebih diterima oleh mereka daripada soto yang penting tapi tidak menarik jadi sekali lagi para guru hebat Indonesia belajarlah secara terus-menerus menjadi pribadi yang menyenangkan sehingga Anda benar-benar diterima anda berhenti izinkan dan pikiran mereka terbuka untuk anda dengan demikian anda telah berhasil melakukan langkah pertama menjadi pribadi yang menyenangkan pintu terbuka untuk Anda dan anak murid Anda menerima apapun yang anda bawa berikan contoh-contoh sederhana bagaimana membuka pintu anak murid anda
Bagaimana murid Anda membuka pintu mengizinkan untuk Anda:

  1. Anda masuk dalam sebuah kondisi yang senyum pastikan bahwa permasalahan anda itu bukan permasalahan. Kalau anda punya masalah dengan suami dengan istri dengan teman itu bukan masalah mereka anda jadi pastikan anda masuk dalam kondisi nyaman minimalnya adalah Senyumlah senyum Dari Hati 2 senti kanan 2 cm yg cukup 5 detik. Cukup senyum masuk Anda sapa mereka dengan salam yang berbeda. Selama ini Anda mengatakan salam langsung Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh maka mereka belum siap. Coba anda ganti dengan format seperti berikut semoga siswa yang menjawab salam saya cerdas otaknya berkah Amin. Semoga yang menjawab salam saya mendapatkan nilai terbaik dan naik kelas dengan raport yang memuaskan. Semoga yang menjawab salam saya menjadi manusia yang berguna bermanfaat bagi Agama bagi negerinya dan juga bagi keluarganya. Semoga yang menjawab salam saya otaknya jenius cerdas dan mudah mempelajari pelajaran yang akan saya berikan. Setelah itu Anda baru Salam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Baik daripada Anda masuk dalam kondisi mandul langsung sama alaikum siapa yang belum mengerjakan PR maaf yang belum mengerjakan PR silakan Keluar akhirnya mereka keluar semua dan anda mengajar mengajar Bangku Kosong karena anak zaman sekarang ini mengerjakan PR itu yang tidak terlalu nyaman. Itulah kenapa Finlandia itu nggak ada PR karena mereka tahu pekerjaan rumah itu memang julukan bagi anak tapi kalau anak suka dengan pelajaran nggak usah dikasih PR juga mereka akan belajar senyum Anda menyapa dengan salam kemudian. Yang ketiga apresiasi Anda ungkapkan bahwa anda senang bersama dengan mereka apresiasi jadi dengan cara ini anda akan menjadi sosok yang diizinkan contoh yang lain dan bagaimana pintu pikiran mereka terbuka untuk anda.
  2. Tips berikutnya adalah siswa memperhatikan dan mendengarkan Anda, menyukai apapun yang anda bawa yang kedua adalah berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pembelajaran dimulai Mainkan game game sederhana sebelum pembelajaran dimulai Anda bisa lakukan anda bisa lakukan tebak-tebakan anda bisa lakukan games yang bisa Anda ambil dari YouTube dari internet. Dengan contoh-contoh ini anda akan mudah memahami dan melakukan ATM amati tiru modifikasi Honda bahasa Jawa 4 n niteni nirokke nambahi nama penemu cari saja game game simulasi dari YouTube kah dari training training yang ada ikut Ika dari buku-buku game kah maka mudah-mudahan dengan demikian suasana tidak/di awal mainkan simulasi Mainkan game bisa tepuk bisa tebak-tebakan bisa gerak atau menyanyikan lagu bersama-sama itu mungkin akan memecahkan suasana setelah mereka nyaman dengan simulasi simulasi game yang Anda berikan. Maka hormon kebahagiaan mereka akan tumbuh hormon itu bernama hormon endorfin Hormon yang memiliki 8 kali kekuatan lebih besar daripada morfin. Ini kata yang sama dan cepat jadi ketika anda sudah mampu bersimulasi bermain memainkan games dengan mereka Maka sebenarnya mereka telah mengizinkan dirinya untuk memperhatikan dan melihat anda mendengarkan Anda mengikuti apa yang ada suruh kasih contoh-contoh * 2 * 2 * 3 * 3 * kalian cukup sekali oke perhatikan ke-3 kali-kalian sekali keren. Kita coba ya kita akan coba ajak konsentrasi bagus keren seperti itu kalau saya tiga kali dua kali ataupun sekali secara acak kali harus siap oke setiap kali anda habis memainkan game apresiasi mereka-mereka bagus keren hebat yang buat semangat contoh contoh-contoh game ada nanti bisa saya kasih linknya ada bisa lihat dan bisa tirukan game-game itu.
  3. Anda membersamainya ini yang yang harus ada praktekan tangga tempa besi selagi panas artinya apresiasi prosesnya apresiasilah siswa-siswi anda tidak menunggu kenaikan kelas tidak menunggu mereka menjadi juara nasional apresiasi hargai prosesnya ingat tangkap basah baikan tempa besi selagi panas. Contoh sederhana ketika ada murid Anda datang tepat waktu dan kebetulan Anda hadir. Anda cukup berkata kepada murid itu Imron Kamu orang yang disiplin jadi orang sukses. Ada seorang ketua kelas yang rela mengabdikan dirinya memimpin teman-temannya tanpa gaji tanpa bayaran tanpa sertifikat itu ketua kelas ketua OSIS ketua panitia ketua ekskul macam-macam lah. Anda bisa menemui dia secara personal dan anda bilang Rudi kamu ketahui Rasya Kamu calon masa depan karena kamu punya jiwa kepemimpinan keren satu hari nanti kamu jadi orang sukses karena kamu mau mengerti itu banyak orang selalu dia Bapak bangga dengan kamu atau Ibu bangga dengan kamu seperti ini akan menjadikan murid respect berada mereka mengapresiasi Anda. Jadi Bapak dan Ibu yang cerdas guru yang pelit apresiasi ujian pelit menghargai maka dia sesungguhnya adalah guru yang menjerumuskan menjerumuskan muridnya untuk menjadi murid yang tidak suka dengan guru dan apapun belajar yang dibawa oleh guru menjadi pelajaran yang membosankan jangan sampai Anda menjadi konektor kejelekan atau konektor ketidakberhasilan bagi murid Anda Kalau 
2. Temukan titik lebihnya dan motivasilah mereka
Langkah di mana anda mampu menjadi bagian dari pemain dan bukan sekedar penonton. Mulailah masuk melalui nilai unggul yang bersangkutan temukan nilai tambah murid anda dan masuklah melalui nilai tambah mereka. Seorang guru yang hebat adalah seorang guru yang memberikan kesempatan kesempatan muridnya untuk unggul melalui nilai unggul yang mereka miliki maka keunggulan-keunggulan yang lain akan mengikutinya. Kenapa langkah yang kedua ini penting karena terkadang Seorang siswa akan merasa minder rendah diri tidak percaya diri dikarenakan dia diberikan momentum yang bukan nilai lebihnya dia diberikan momentum nilai kurangnya. Ada murid Anda yang punya kemampuan bahasa yang bagus namun lemah di matematika. Ada murid Anda yang hebat di organisasi dan hubungan interpersonal sehingga dia suka aktivitas organisasi dalam kepanitiaan dan lain sebagainya, namun mungkin dia lemah dalam hal pelajaran tertentu misalnya bahasa atau matematika atau IPA. Ketika anda menempati hal ini maka anda akan diterima oleh mereka anda sebuah contoh sederhana seorang guru yang mengetahui bahwa salah satu muridnya punya kemampuan matematika yang bagus maka guru ini akan bisa diterima ketika dia masuk melalui matematika. Sebuah contoh sederhana Kamu matematikamu keren kemampuan berhitung bagus suatu hari nanti kamu akan menjadi orang sukses karena biasanya orang pintar matematika dia mampu melakukan kejujuran Dia bisa jadi kamu orang hebat melalui matematika ini, namun kamu juga harus belajar pelajaran pelajaran yang lain karena melalui matematika ini kamu akan mendapatkan kehebatanmu dan pelajaran lain akan menjadikanmu juga lebih cepat hebatnya. Coba saja atau ketika kita menemukan seorang murid dan dia bisa nyanyinya bagus kemampuan vokalnya bagus maka tentu dia akan menjadi percaya diri ketika kita kasih kesempatan dia untuk tampil di depan menyanyikan sesuatu sebelum pembelajaran dimulai kita Berikan dia panggung kita Berikan dia momentum kemudian kita berikan apresiasi dia di hadapan teman-temannya dengan kata mungkin sederhana ini suaramu bagus dan kamu punya kepercayaan diri yang keren kamu berani tampil didepan umum dan suatu hari nanti kamu akan jadi orang hebat namun kamu juga harus rajin belajar karena ketika kamu hebat dan berani tampil serta pelajaran bagus maka ini akan mengantarkanmu menjadi orang sukses keren Mira.

3 langkah menemukan kehebatan nilai tambah/ lebih dari putra-putri Anda:

  1. Anda harus mampu memberikan momentum kesempatan kesempatan hebat dari masing-masing siswa siswi Anda. Memberikan kepercayaan kepada mereka bahwa mereka berharga memberikan kepercayaan pada mereka bahwa mereka punya nilai. Jadi setiap anak harus mampu diberikan momentum kesempatan sehingga mereka menjadi merasa bermakna merasa dipercaya merasa bernilai. Jadi Bapak dan Ibu yang cerdas  seorang yang suka Pramuka regu akan bahagia tapi kamu jadi wakil pramuka dari sekolah tersebut dan dikirimkan ikut kemping. Yang menyukai olahraga tertentu tentu bahagia ketika dikirimkan untuk menjadi duta sekolah tersebut untuk mewakili teman-temannya bertanding bersama sekolah lain dalam olahraga. Yang memiliki tertentu misalnya matematika IPA bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia tentu akan bahagia ketika dikirim ke sekolah menjadi bagian dari apel tersebut diberikan bukan karena dia harus menjadi juara utama diberikan bukan karena dia harus mampu mengalahkan yang lainnya tapi momentum diberikan agar mereka merasa menjadi bagian dari orang yang dipercaya menjadi  yang diberikan kesempatan. 
  2. Dibuatkanlah mereka menjadi bagian dari pemain bukan sekedar menjadi penonton biarkan mereka menjadi bagian dari sejarah kehidupannya bukan hanya menjadi seorang yang bisa bercerita ingat jadikan mereka menjadi bagian dari history yaitu Sejarah bukan sekedar Story ataupun hanya bisa bercerita. Ketika anda melibatkan mereka untuk berpendapat ide gagasan tentang sesuatu maka mereka akan ikut bertanggung jawab atas ide dan gagasannya contoh sederhana. Misalnya Anda kepada anak murid dari kelas tersebut Seandainya kalian jadi wali kelas kira-kira apa yang akan kalian lakukan untuk menjadikan kelas ini menjadi kelas yang hebat atau kalau kalian diberikan kesempatan untuk merubah kelas ini kira-kira apa saja yang akan kalian rubah atau atau Seandainya kalian kepala sekolah Apakah ide kreatif yang akan kalian keluarkan untuk menjadikan sekolah ini menjadi sekolah yang unggul dan hebat. Dengan kita memberikan kesempatan seperti itu melibatkan mereka Maka mereka akan mengungkapkan ide gagasan kecerdasan emosi dan hal-hal yang mereka harapkan selama ini. Ketika ide dan gagasan ini kemudian dijalankan maka mereka akan menjadi bagian yang yang bertanggung jawab atas ide dan gagasan itu karena mereka merasa terlibat dalam proses perwujudan ide dan gagasan tersebut ini sangat berbeda manakala ide gagasan hanya dan guru hanya dari wali kelas dan kepala sekolah tanpa melibatkan mereka. Guru yang mampu mewujudkan kebaikan muridnya karena melibatkan muridnya dalam proses kehebatan masa depannya mereka menjadi pemain dalam sejarah kehidupan mereka dan bukan hanya menjadi penonton dari kehebatan Anda bukanlah orang yang punya nilai lebih dibanding dengan orang yang ada di sekitarnya. Tapi orang-orang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menghebatkan orang-orang yang ada di sekitarnya termasuk murid-muridnya dikarenakan kemampuannya memberikan momentum yang pertama memberikan kesempatan mereka menjadi pemain dan yang terpenting adalah hargai prosesnya jangan selalu pada hasil akhir hargai prosesnya. Karena proses inilah yang akan mereka ceritakan suatu hari nanti ketika mereka sudah menjadi orang sukses gagal adalah peristiwa gagal adalah peristiwa saya dan Anda murid anda dan semua orang di sekitar kita tidak pernah gagal dan gagal adalah peristiwa nya seorang gadis yang menggoreng tempe dan Tempenya gosong yang gosong adalah tempenya bukan gadisnya Sekali lagi bukan gadis yang gosong.
  3. Memberikan label positif bagi siswa-siswi dari diri anda. Contohnya ketika anda menjadi wali kelas misalnya atau menjadi guru kelas atau pun menjadi guru maka agar anda bisa memberikan contoh sederhana dengan berbicara Saya suka mengajar kalian karena kalian adalah kelas yang kompak kelas yang antusias kelas yang keren karena kalian sedemikian kompak dan antusias maka saya ingin kelas ini khusus dari saya tersebut kalian lah kelas lebah. Jadi karena kalian adalah memiliki sifat-sifat yang dimiliki oleh lebah bermanfaat dia berguna dia tidak pernah merusak dia dia menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Saya ingin kelas ini adalah kelas yang mampu meniru Bagaimana lebah hidup jadi saya ingin kalian adalah menjadi lebah lebah hebat bagi kehidupan kelas-kelas lebah bisa dengan bahasa Indonesia bisa dengan bahasa Inggris atau bisa dengan bahasa Arab tergantung. Bagaimana ada mereka label dan ternyata yang diberikan itu ketika disepakati itu akan membangun persepsi seorang emoto dari Jepang membuat sebuah penelitian sederhana bagaimana kata-kata kita itu mempengaruhi pola pola kehidupan. Ketika saya berkata seperti ini di depan kelas kalian kalian senang aja kalian itu akan merasakan berbeda dibandingkan Anda berkata seperti itu terus terang saja saya capek aja kali ya Lemes kalian kalian ini susah diatur nya kalian berbeda dengan yang lain kalau anda berbicara seperti itu maka tunggulah anda akan tertolak bukan sekedar ditolak tertolak dan pelajaran yang Anda berikan untuk pelajaran yang tertolak jadi bapak dan ibu sekalian kekuatan label itu luar biasa juga bisa memberikan label pada individu-individu contoh ketika di kelas itu ada seorang ketua kelas 6A saja Anam Anggap saja namanya Ali anda bisa berbicara di depan kelas dan kamu adalah contoh orang yang bertanggung jawab suatu hari nanti kamu akan menjadi seorang diri kebebasan karena kamu udah l masa depan mungkin juga anda menemukan seorang di kelas itu yang suka banget dengan pelajaran eksak misalnya jenius mana Fatimah si cerdas mana Alex disiplin mungkin anda bisa memberikan label-label itu dan anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menciptakan label-label hebat pada setiap siswa lama-lama mobil itu akan menjadi nyata temukan nilai tambah dari siswa-siswi anda dengan kemampuan anda memberikan label di belakang namanya guru saya pernah memberikan sebuah titik yang hari ini sangat berkesan bagi saya saya dikasih label sang kreator karena Kebetulan saya suka sekali mengkritik sesuatu mengubah sesuatu membuat sesuatu dan itulah Saya menyebut saya mana arisan Creator ternyata itu luar biasa bagi kehidupan saya.


Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas
Seorang  Guru akan mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya

5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....

Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta.
Bahasa cinta APRESIASI.

2. https://youtu.be/39raqyvipcE
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan

Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA

Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL

Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL

SILAHKAN KLIK, SUBSCRIBE DAN SHARE



Kesimpulan materi malam ini, penulis rangkum sebagai berikut:
Untuk menjadi seorang guru yang dirindukan dan dicintai oleh siswa, kita harus luruskan niat dahulu. Apakah kita sebelumnya guru kebetulan ataupun sudah guru betulan. Yang terpenting adalah cintai profesimu sebagai guru. Untuk menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang akhirnya diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun karena anda adalah kurikulum yang sesungguhnya apapun yang anda bawa murid Anda akan mencintai manakala dia menyukai anda karenanya. Seorang guru yang sadar menyadari sepenuhnya bahwa profesi profesi yang mulia sebuah profesi yang menghantarkan menurut anda mendapatkan kepahaman keilmuan yang baik dan benar sehingga mereka mampu menghadapi permasalahan-permasalahan sesuai dengan zamannya.
Sebagai seorang guru, kita harus menjalankan 4 peran yaitu mengajar (memindahkan ilmu), mendidik (guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri dari 2 kata digugu dan ditiru), ternyata guru yang mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi guru yang mampu menginspirasi kenapa karena dari apa yang ada di dia akan terinspirasi dia akan menjadikan anda menjadi bagian dari history dan akhirnya ada mampu menggerakkan mereka mengerjakan 
 Jadi, Langkah-langkah yang adapat dilakukan untuk menjadi seorang guru yang dirindukan dan dicintai murid adalah :
1.         Jadilah guru yang menarik dan menyenangkan
Menarik dari segi penampilan dan prilaku sehingga kita dapat diizinkan oleh siswa dan menjadi pribadi yang benar-benar menyenangkan bagi siswa. Guru juga harus mampu memahami dan memperlakukan siswa sesuai kondisinya sehingga siswa dapat membuka pikiran dan hatinya untuk menerima kita dan membukan pintu mengizinkannya.
Siswa dapat membuka pintu mengizinkannya dengan cara :
·         Masuk dengan kondisi nyaman, berikan senyuman dari hati dan ucapkan salam setelah memberikan pujian untuk memberikan kesan meyenangkan (contoh: semoga siswa yang menjawab salam saya cerdas otaknya berkah Amin, baru ucapkan salam)
·         Berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pembelajaran dimulai Mainkan game game sederhana (tebak-tebakan atau games yang bisa diambil dari YouTube dan dimodifikasi sesuai kondisi siswa kita)
·         Apresiasi siswa saat itu juga (contoh: ketika ada murid Anda datang tepat waktu dan kebetulan Anda hadir. Anda cukup berkata kepada murid itu Imron Kamu orang yang disiplin jadi orang sukses.
2.       Temukan nilai tambah siswa anda dan berikan mereka momentum untuk menjadi seseorang berdasarkan nilai lebih dan kehebatannya karenanya seorang yang hebat bukanlah orang yang mampu menjadi manusia yang memaksa orang lain untuk ibu sepertinya namun seorang yang hebat adalah seorang yang mampu menciptakan dan menghantarkan kehebatan generasi setelahnya karena memberikan momentum momentum hebat bagi anak muridnya.
·         Yang memiliki tertentu misalnya matematika IPA bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia tentu akan bahagia ketika dikirim ke sekolah menjadi bagian peserta.
·         Yang mampu melibatkan siswa didiknya menjadi bagian dari pemain dan bukan sekedar menjadi penonton dalam kehidupannya memiliki history bukan sekedar mampu bercerita tentang bagaimana mewujudkan nilai tambah Anda berikan pada slide berikut ini bahagia selamat jaya untuk anda semua
·         Memberikan label positif bagi siswa-siswi diri anda
3.       Gunakan Bahasa Cinta yang Cerdas (Bahasa cinta APRESIASI, Bahasa Cinta KOMITMEN, Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA, Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL, Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar